Teknologi

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Teknologi sudah bukan hal yang aneh dikalangan masyarakat era ini, dimulai dari teknologi sederhana sampai teknologi yang terbarukan sekalipun. Begitu banyaknya perkembangan teknologi baik dibidang Informasi maupun Komunikasi membuat banyak orang harus mempelajari dan menguasai teknologi tersebut agar tidak kesulitan menggunakannya. Dalam postingan kali ini saya akan spesifik membahasan perkembangan dan kemajuan dibidang Teknologi Informasi.

  • pati Pos/ Dove Post

Merpati post adalah salah satu pencetus teknologi dibidang informasi dimana burung Merpati merupakan salah satu hewan yang memiliki daya ingat yang kuat dan kemampuan navigasi yang luar biasa. Burung merpati pertama kali dilatih oleh orang-prang Persia, burung Merpati pertama kali dipergunakan oleh Sultan Bahgdad untuk mengirim pesan kesekitar kerajaan, lalu kemudian diikuti oleh kerajaan Romawi dan digunakan pula di Yunani.

  • ¬†Telegraf

Merupakan salah satu alat komunikasi jarak jauh yang digunakan untuk berkomunikasi melalui Bahasa atau kode tertentu. Telegraf pertama kali ditemukan oleh warga Amerika bernama Samuel F.B Morse yang mana selanjutnya teknologi ini kemudian disebut sandi/kode Morse. Kekurangan dari alat ini adalah diperlukannya seseorang operator atau seorang yang mengerti betul tentang sandi morse, terlebih istimewa lagi sandi morse digunakan dalam peperangan dikarenakan Bahasa dan isinya yang sangat rahasia.

 

  • Telephone

 

Munculnya telephone disebabkan oleh permintaan dari pengguna telegraph yang meningkat. Orang yang pertama kali menemukan ini adalah Alexander Graham Bell dimana telephone pertama kali ditemukan pada tahun 1867. Di Indonesia sendiri telephone pertama kali dipergunakan untuk mengubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Jaringan telephone di Indonesia pertama kali diselenggarakan oleh pihak swasta yang mana dalam beberapa tahun selanjutnya di ambil alih oleh pemerintah Hindia Belanda.

 

  • Telegram

 

Telegram popular pada sekitar tahun 1920-an dimana di Indonesia telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Untuk masalah tariff dan waktu, telegram jauh lebih efisien disbanding telegraf dan tarif dari telegram dihitung dari jumlah karakter termasuk tanda baca. Telegram di Indonesia sendiri terbagi atas telegram biasa dan telegram Indah. Untuk telegram  biasa berwarna biru dan bias dikirimkan kapanpun tetapi telegram Indah biasanya dikirimkan pada hari raya atau hari hari besar

  • Pager

 

Atau biasa disebut radia panggil adalah salah satu alat komunikasi yang terbatas dalam jumlah penulisan karakter atau biasa juga pager digunakan untuk hal-hal yang bersifa